InstaForex

Minggu, 30 Oktober 2011

Sebagai Solusi Final Atasi krisis, Uni Eropa Tambah dana sebesar 1 Triliun Euro

Para Para pemimpin Uni Eropa akhirnya  menyepakati solusi final untuk mengatasi krisis utang zona euro dengan menambah kekuatan dana bailout  sebesar 1 triliun euro  atau sekitar USD1,4 triliun

Selain itu, perbankan Eropa juga akhirnya sepakat memangkas utang obligasi Yunani 50%. Presiden Prancis Nicolas Sarkozy mengatakan, kesepakatan tersebut diperoleh setelah pertemuan selama hampir 10 jam melewati pembicaraan yang alot antara pemimpin zona euro dan Institut Keuangan Internasional (IIF).

Berdasarkan kesepakatan tersebut, sektor swasta dan perbankan Eropa yang memegang obligasi Yunani menyepakati pemotongan utang obligasi Yunani sebesar 50% guna mengurangi utang Athena yang diperkirakan untuk  utang obligasi swasta Yunani saat ini mencapai 100 miliar euro.

Dengan pemangkasan tersebut, utang Yunani diharapkan akan berkurang menjadi hanya 120%  dari produk domestik bruto (PDB) pada 2020, dibanding saat ini yang mencapai 16%  dari PDB. Pada saat yang sama, zona euro akan menawarkan peningkatan kredit terhadap sektor swasta sebesar 30 miliar euro.

Langkah ini untuk membantu menyelesaikan perundingan paket bailout sampai akhir tahun ini, sehingga Yunani memiliki paket dana penyelamatan kedua sepenuhnya sebelum 2012. Menurut UE, dana penyelamatan bagi Yunani berpeluang menjadi sebesar 130 miliar euro atau meningkat dibanding kesepakatan Juli lalu sebesar 109 miliar euro.


Kesepakatan mengenai partisipasi sektor swasta terhadap Yunani muncul setelah Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel bernegosiasi dengan perbankan. Keduanya sepakat meningkatkan dana talangan Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF) sebesar 440 miliar euro atau setara dengan USD600 miliar

Dana tersebut telah digunakan untuk memberikan bantuan kepada Irlandia, Portugal, dan Yunani sebesar 290 miliar euro. Sisanya sebesar 250 miliar euro akan ditambah menjadi dana lain sehingga mencapai satu triliun euro yang akan digunakan untuk berbagai kepentingan Eropa.

Para pemimpin Eropa berharap, dana tersebut cukup untuk mencegah masalah penyebaran krisis utang ke Italia dan Spanyol yang diprediksi semakin buruk. Skema EFSF terbaru akan dimanfaatkan dalam dua cara, yakni dengan menawarkan asuransi melalui jaminan ganti rugi untuk pembeli utang zona euro di pasar primer atau melalui sarana khusus yang akan dibentuk dalam beberapa minggu mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar