InstaForex

Jumat, 28 Oktober 2011

Euro Melesat Pasca Pemimpin Uni Eropa Setujui Writedown 50%

28/Oct/2011 06:04 
Euro melesat hingga ke level tertinggi 7-minggu baru versus  Dollar AS   pasca  kesepakatan mengenai langkah-langkah penyelesaian krisis hutang zona Euro yang tercapai dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Eropa berhasil meredam pesimisme pasar dan memicu pemangkasan posisi bearish investor.

Para pemimpin dan perbankan Uni Eropa Akhirnya   menyetujui writedown 50% untuk pihak swasta yang memegang obligasi pemerintah Yunani . Mereka juga sepakat untuk merekapitalisasi bank-bank Eropa yang bermasalah dan menambah kekuatan Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa dari €440 milyar ($600 milyar) menjadi sekitar €1 trilyun. Sementara para menteri keuangan Uni Eropa diperkirakan baru akan membahas mengenai detail dan bagaimana cara meningkatkan fasilitas tersebut pada pertemuan bulan November.



Kiran Kowshik, analis mata uang dari BNP Paribas mengatakan "Sebelumnya, jumlah posisi short pada Euro menunjukkan jika sebagian pasar telah mencoba mengantisipasi hasil negatif yang mungkin datang dari KTT Uni Eropa, Namun hasil cukup memuaskan dari pertemuan puncak itu nampaknya telah meredam sejumlah kecemasan di zona Euro, sehingga memicu short-squeeze yang mendorong rally pada Euro."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar