InstaForex

Jumat, 28 Oktober 2011

Keputusan Uni Eropa mengurangi beban utang Yunani memberi kelegaan kepada investor di seluruh dunia, bahkan optimisme krisis utang bisa ditanggulangi. Tapi, tidak bagi salah satu investor ternama dunia.
Jim Rogers menyambut baik keputusan Eropa dan mengatakan jumlah pemotongan utang Yunani lebih besar dari yang ia perkirakan. Tapi, investor veteran itu memperingatkan pemangkasan utang Yunani tidak serta merta menyelesaikan inti masalah, yang sewaktu-waktu akan kembali menghantui investor. “Itu berita bagus, sudah saatnya mereka melakukan apa yang diharuskan. Masalahnya, mereka hanya melakukannya untuk Yunani,” katanya.
“Para politisi lagi-lagi menunda penyelesaian masalah. Semua itu bisa datang lagi dalam beberapa minggu atau bulan dan dunia akan tetap terjebak dalam masalah yang sama, bahkan lebih buruk karena ECB dan negara lain akan semakin tenggelam dalam utang,” tambahnya.
Rogers terkejut dengan jumlah haircut utang Yunani, dimana kreditor bersedia menerima kerugian sebesar 50%. “Tak pernah kusangka mereka sampai menerima (haircut) 50%, hal ini menunjukkan paling tidak mereka mulai sadar.
Tapi, Rogers menegaskan pemotongan utang di seluruh Eropa tak bisa dihindari untuk benar-benar menuntaskan krisis. Yunani memang bangkrut, tapi yang lain juga, dan haircut ini mau tak mau harus dilakukan lagi dan akan lebih besar,” ujarnya.
Rogers menambahkan rally saham global berpotensi untuk berlangsung, tapi sementara. “Memang sempat ada gonjang-ganjing, jadi kita akan melihat sedikit ketenangan. Tapi, masalah akan datang lagi karena dunia Barat belum menyelesaikan utangnya,” katanya. “Sebagian besar negara Eropa justru menambah utang bukannya mengurangi. Sampai itu berubah, masalah tetap ada, begitupun di AS.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar