InstaForex

Senin, 31 Oktober 2011

Pasar Masih Sambut Positif Hasil European Union Summit

Pasar masih menyambut positif hasil European Union Summit  Kondisi itu, diperkuat dengan laporan pertumbuhan Gross Domestic Product (GDP) AS yang dirilis positif di atas ekspektasi.. kenaikan market secara keseluruhan ditopang oleh menguatnya risk appetite (hasrat pasar atas aset-aset berisikoGDP AS dirilis lebih tinggi jadi 3,5% pada kuartal III-2011 dari prediksi 2,3% dan kuartal sebelumnya 1,3%.

Di sisi lain, lanjutnya, penguatan hasrat pasar juga dipicu oleh positifnya ekspektasi atas data output factory yakni Manufacturing PMI China yang diperkirakan masih positif yang akan dirilis pada Selasa (1/11). Dari sisi ini, lanjutnya, pasar melihat China bisa mengatasi perlambatan global. Sektor manufaktur China baik-baik saja. Karena itu, kekhawatiran pasar atas perlambatan ekonomi China akan meredup sehingga secara keseluruhan masih memacu capital inflow ke emerging market. Secara keseluruhan, fokus pasar sudah beralih ke fundamental ekonomi setelah kekhawatiran terhadap krisis Eropa yang sudah mereda. .

Alhasil, dolar AS mengalami technical rebound terhadap mayoritas mata uang utama. Indeks dolar AS naik tipis 0,16% ke level 75,12 dari posisi sebelumnya 75,10. Tapi, terhadap euro (mata uang gabungan negara-negara Eropa), dolar AS masih stagnan di level terlemahnya dalam tujuh pekan di angka US$1,4184 per euro. Yang mana salah satunya dipicu oleh Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Uni Eropa dua hari lalu yang menyepakati kenaikan dana penyelematan euro zone The European Financial Stability Facility (EFSF) senilai 1 triliun euro dari level saat ini 440 miliar euro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar